Vietnam.vn - Nền tảng quảng bá Việt Nam

Close-up lokasi pembangunan jembatan penyeberangan laut terpanjang di Vietnam

Lokasi pembangunan proyek jembatan penyeberangan laut sepanjang lebih dari 18 km menuju Pulau Hon Khoai (Ca Mau) sedang dalam tahap konstruksi mendesak. Setelah selesai, jembatan ini akan menjadi rute lalu lintas strategis baru di wilayah paling selatan negara ini.

Báo Hà TĩnhBáo Hà Tĩnh19/11/2025

Lokasi pembangunan proyek jembatan penyeberangan laut sepanjang lebih dari 18 km menuju Pulau Hon Khoai ( Ca Mau ) sedang dalam tahap konstruksi mendesak. Setelah selesai, jembatan ini akan menjadi jalur lalu lintas strategis baru di wilayah paling selatan negara ini.

Tuyến cầu đường vượt biển kết nối đất liền Cà Mau với đảo Hòn Khoai đang được đẩy nhanh tiến độ ngay từ những tháng đầu triển khai. Trong ảnh là đơn vị thi công dùng tàu chuyên dụng kéo sà lan hệ nổi Zack-up để phục vụ khoan thủy lực và thi công các mũi cọc ngoài khơi.
Jembatan penyeberangan laut yang menghubungkan daratan Ca Mau dengan Pulau Hon Khoai telah mempercepat progresnya sejak bulan-bulan pertama pengerjaan. Dalam foto, unit konstruksi menggunakan kapal khusus untuk menarik tongkang apung Zack-up guna melayani pengeboran hidrolik dan konstruksi tiang pancang lepas pantai.
Hướng tuyến cầu vượt biển Hòn Khoai.
Rute jembatan penyeberangan laut Hon Khoai.
Cách đó không xa, đội ngũ kỹ sư - công nhân đang tiến hành đổ bê tông nhồi cọc dưới điều kiện thời tiết phức tạp và thủy triều thay đổi liên tục.
Tak jauh dari sana, sekelompok insinyur dan pekerja tengah menuangkan tumpukan beton di bawah kondisi cuaca yang sulit dan pasang surut yang terus berubah.
Khu vực khoan cọc cách đất liền gần 6 km, các công nhân đang thi công kết cấu thép hạng mục cọc nhồi.
Area pemboran tiang pancang berjarak hampir 6 km dari daratan, pekerja sedang membangun struktur baja dari tiang pancang yang dibor.
Bên trong đất liền, tại khu vực gần khu du lịch Khai Long, nhiều sà lan đã được tập kết tại công trình chờ tàu kéo ra khu vực thi công.
Di pedalaman, dekat kawasan wisata Khai Long, banyak tongkang telah dikumpulkan di lokasi konstruksi menunggu kapal tunda untuk membawanya ke area konstruksi.
Tàu chuyên dụng kéo sà lan vận chuyển trạm trộn bê tông ra Hòn Khoai.
Tongkang penarik kapal khusus yang mengangkut stasiun pencampuran beton ke Hon Khoai.
Sau gần 3 tháng thi công, nhiều thiết bị trọng yếu đã được đưa vào vận hành ổn định, đảm bảo thông số kỹ thuật để triển khai các bước tiếp theo.
Setelah hampir 3 bulan pembangunan, banyak peralatan utama telah dioperasikan secara stabil, memastikan parameter teknis untuk menerapkan langkah selanjutnya.
Tại điểm kết nối với cao tốc Cà Mau - Đất Mũi, nhiều máy móc, thiết bị thi công đã được nhà thầu tập kết.
Di titik sambungan jalan raya Ca Mau - Dat Mui, banyak mesin dan peralatan konstruksi telah dikumpulkan oleh kontraktor.
Máy móc chuyên dụng đang triển khai công tác san lấp mặt bằng phục vụ thi công.
Mesin khusus sedang melaksanakan pekerjaan perataan lokasi untuk konstruksi.
Lực lượng kỹ sư, tư vấn giám sát đang triển khai công tác dựng ống vách chuẩn bị cho thi công cọc khoan nhồi, một trong những hạng mục nền tảng để xây dựng thân cầu.
Insinyur dan konsultan pengawas sedang melaksanakan pekerjaan pemasangan pipa selubung sebagai persiapan untuk konstruksi tiang bor, salah satu pondasi untuk membangun badan jembatan.
Đây là giai đoạn đầu nên phần lớn thời gian được dành cho công tác chuẩn bị, thử nghiệm và kiểm tra kỹ thuật.
Ini adalah tahap awal sehingga sebagian besar waktu dihabiskan untuk persiapan, pengujian, dan pemeriksaan teknis.
Đơn vị thi công đang thực hiện thí nghiệm thử tải cọc khoan nhồi đường kính 1.500 mm theo phương pháp tự cân bằng tại vị trí cọc C5, trụ T00-01, với tải trọng thí nghiệm lên tới 754,29 tấn.
Unit konstruksi sedang melakukan uji beban pada tiang bor berdiameter 1.500 mm menggunakan metode self-balancing pada posisi tiang C5, kolom T00-01, dengan beban uji hingga 754,29 ton.
Theo chủ đầu tư, tuyến cầu được xây dựng theo tiêu chuẩn cầu vượt biển với tổng chiều dài hơn 18,22 km, gồm cầu chính dài 17,3 km và cầu nhánh kết nối lên đảo dài 0,87 km.
Menurut investor, jembatan tersebut dibangun sesuai standar jembatan penyeberangan laut dengan panjang total lebih dari 18,22 km, termasuk jembatan utama sepanjang 17,3 km dan jembatan cabang sepanjang 0,87 km yang menghubungkan ke pulau.
Công trình có mặt cắt rộng khoảng 17,5 m, quy mô 4 làn xe, tốc độ thiết kế 80 km/h. Điểm đầu dự án kết nối với đường cao tốc Cà Mau - Đất Mũi và đường Hồ Chí Minh tại xã Đất Mũi (huyện Ngọc Hiển), điểm cuối dừng tại điểm K10, bờ phía Đông đảo Hòn Khoai.
Proyek ini memiliki penampang melintang selebar sekitar 17,5 m, dengan 4 lajur dan kecepatan rencana 80 km/jam. Titik awal proyek ini terhubung dengan jalan raya Ca Mau - Dat Mui dan jalan Ho Chi Minh di komune Dat Mui (distrik Ngoc Hien), dan titik akhir berhenti di titik K10, pesisir timur Pulau Hon Khoai.
Với chiều dài vượt biển kỷ lục, đây được đánh giá là cây cầu dài nhất Việt Nam và đứng thứ 3 Đông Nam Á.
Dengan panjang penyeberangan laut yang memecahkan rekor, jembatan ini dianggap sebagai jembatan terpanjang di Vietnam dan terpanjang ketiga di Asia Tenggara.
Công trình có tổng vốn đầu tư khoảng 100.000 tỷ đồng, thể hiện quyết tâm lớn trong việc khai mở tiềm năng kinh tế - xã hội tại vùng địa đầu cực Nam.
Proyek ini memiliki total modal investasi sekitar 100.000 miliar VND, menunjukkan tekad besar dalam membuka potensi sosial ekonomi di wilayah paling selatan.
Cầu đường vượt biển Hòn Khoai, khi hoàn thành, sẽ không chỉ rút ngắn khoảng cách ra đảo mà còn mở ra cánh cửa mới cho giao thương quốc tế, phát triển logistics, tạo nền tảng để Cà Mau bứt phá trong giai đoạn tới. Đây cũng được xem là bước đi chiến lược trong tiến trình khai thác tiềm năng biển đảo và củng cố năng lực kết nối của vùng cực Nam Tổ quốc.
Jalan dan jembatan penyeberangan laut Hon Khoai, setelah selesai, tidak hanya akan memperpendek jarak ke pulau tersebut, tetapi juga membuka pintu baru bagi perdagangan internasional, mengembangkan logistik, dan menciptakan fondasi bagi Ca Mau untuk mencapai terobosan di masa mendatang. Hal ini juga dianggap sebagai langkah strategis dalam proses pemanfaatan potensi laut dan kepulauan serta memperkuat kapasitas konektivitas wilayah paling selatan Tanah Air.
Phối cảnh cầu vượt biển Hòn Khoai: Nguồn: Bộ Quốc phòng.
Perspektif jembatan penyeberangan laut Hon Khoai: Sumber: Kementerian Pertahanan Nasional.

Sumber: https://baohatinh.vn/can-canh-cong-truong-du-an-cau-vuot-bien-dai-nhat-viet-nam-post299678.html


Komentar (0)

No data
No data

Dalam topik yang sama

Dalam kategori yang sama

Puaskan mata Anda dengan pemandangan indah Vietnam di MV Soobin Muc Ha Vo Nhan
Kedai kopi dengan dekorasi Natal lebih awal membuat penjualan melonjak, menarik banyak anak muda
Apa yang istimewa tentang pulau dekat perbatasan laut dengan China?
Hanoi ramai dengan musim bunga yang 'memanggil musim dingin' ke jalan-jalan

Dari penulis yang sama

Warisan

Angka

Bisnis

Restoran di bawah kebun anggur yang subur di Kota Ho Chi Minh ini bikin heboh, pelanggan rela menempuh jarak jauh untuk check in

Peristiwa terkini

Sistem Politik

Lokal

Produk